Ukuran Buku

Keliling-keliling toko buku, bukan baca buku tapi lihat ukuran buku. Mungkin inilah pengalaman pertama kali seumur hidup datang ke salah satu toko buku cuma untuk melihat ukuran buku. Hal ini bukanlah tanpa maksud dan tujuan. Karena sering kali cetak buku dan baca buku tidak tahu ukuran buku rata-rata yang dipakai penerbit menurut jenisnya.

Mungkin pertanyaan paling konyol, kok tukang cetak buku tidak tau ukuran buku layak cetak. Setidaknya dapat menyarankan ukuran buku berdasarkan jenis buku yang dicetak. Buku novel misalnya di dominasi ukuran A5 sedangkan buku-buku akademisi rata-rata ukuran B5 dan sedikit yang memakai ukutan A4.

Setidaknya dari ukuran buku sendiri dapat memudahkan pembaca menamatkan buku tersebut. Ukuran buku sebenarnya salah satu media penting dalam kenyamanan membaca buku. Selain ringan dibawa, buku harus mudah digenggam tangan pembacanya.

Memang buku yang tebal dan besar, menunjukkan kita sebagai kutu buku. Sedikit banyak mengangkat derajat agar terlihat lebih pintar. Tapi toh tidak selamanya buku itu dibawa, buku kan wajib ditamatkan bacanya.

Hasil resumenya adalah buku dengan ukuran B5 dan A5 adalah ukuran buku yang layak buat kita. Menimbang dari segi harga dan kemudahan dibawa dan dibaca ukuran itulah yang baik. Dibawa dalam arti buku itu mudah dipegang dan masuk dalam tas. Dibaca dalam arti anda merasa nyaman ketika membuka buku tersebut. Untuk info ukuran B5 sendiri adalah 18.2 cm x 25.7 cm dn ukuran A5 adalah 14.8 cm x 21 cm. 🙂 Selamat Membaca..

Advertisements